Home
Bupati Nias Barat Hadiri Penahbisan Gereja ONKP Sisobaoho Raya | Pertemuan Rutin DWP Rutan Dumai Gelar Pelatihan Public Speaking | Polres Dumai Menggelar Operasi Patuh Lancang Kuning 2024 Secara Serentak Selama Dua Pekan | Tiga Tahun Menjabat, Bupati Khenoki Waruwu Mampu Majukan Nias Barat. | Pemdes Kelemantan Barat Sambut Tim Penilai Lomba Desa Tahun2024 | Camat Bengkalis Resmi Membuka MTQ Tingkat Desa Perapat Tunggal Ke IX Tahun 2024
Senin, 15 Juli 2024
/ Rokan Hilir / 18:46:04 / Pemkab Sambut Kajari Rohil Secara Adat Melayu /
Pemkab Sambut Kajari Rohil Secara Adat Melayu
Kamis, 20/06/2024 - 18:46:04 WIB

Realitaonline.com, BAGANSIAPIAPI - Melestarikan penerapan adat budaya Melayu di tengah masyarakat terus digelorakan pemerintah daerah Rokan Hilir (Rohil). Salah satunya tampak dari penyambutan kajari Rohil yang baru, Andi Adikawira Putra MH yang disambut secara adat Melayu di Mess Pemkab Rohil di Bagansiapiapi, Rabu (19/6) siang.

Andi disambut dengan rangkaian prosesi adat yang dilaksanakan LAMR Rohil berupa penaburan beras kunyit, pemasangan tanjak oleh Ketua MKA Nasrudin Hasan, dilanjutkan dengan pemasangan selempang oleh Ketua DPH Juprizan serta penyambutan pencak silat.

Bersama istri, kajari disandingkan di pelaminan, berikutnya dilakukan prosesi tepuk tepung tawar.

Tepung tawar dilakukan Bupati Afrizal Sintong, Ketua MKA Nasrudin Hasan, Ketua DPH LAMR Rohil Juprizan, Ketua DPRD Rohil Maston, Dandim 0321/Rohil, perwakilan forkopimda, tokoh adat dan agama.

Pada sambutannya, Bupati Rohil Afrizal menyampaikan harapan semoga Kajari yang baru betah selama bertugas di Rohil.

“Semoga betah dan begitu juga keluarga, dan bekerja dengan nyaman. Kami siap bersama-sama mendukung apa yang dilaksanakan Kejari,” katanya.  Bupati menyebutkan dirinya dan jajaran siap mendukung terwujudnya pelaksanaan program yang ada dari pihak kejari dan berupaya meningkatkan jalinan sinergisitas yang telah terjalin dengan baik selama ini.

Kajari Andi menyampaikan. dirinya sebelumnya menjabat sebagai Kajari Samosir.

“Tentunya seperti pepatah, dimana bumi dipijak disitu langit dijunjung tentu kami akan mengikuti adat yang ada, dan agar bisa bersinergi dengan bupati forkopimda lainnya serta seluruh masyarakat Rohil,” katanya.

Penyambutan itu terangnya dinilai sebagai penghargaan yang diterima dirinya seiring merupakan Kajari yang baru bertugas di Rohil.

Lebih lanjut dikatakan, dirinya siap mendukung pemerintah daerah untuk meningkatkan PAD, dimana banyak potensi yang terdapat di Rohil.

“Untuk itu mohon kepada SKPD berkaitan agar aktif berkoordinasi dengan kami, dapat dapat dicarikan solusinya agar PAD Rohil meningkat dan tentunya juga tidak terlepas dengan dukungan semua pihak,” katanya.

   
 
 
 
 
 

Alamat Redaksi & Iklan :
 
Jl. Garuda No. 76 E Labuhbaru
Pekanbaru, Riau-Indonesia
  Mobile  : 081268650077
Email : yhalawa2014@gmail.com