Home
Turun Ke Desa Sari Mulya, Bupati H. Zukri Pastikan Pelayanan Berobat Gratis di Nikmati Masyarakat | Bakti Sosial Sentuh Penyandang Disabilitas, Hari Bhayangkara Ke-78 | Resmikan Masjid Al-Fahruddin, Bupati Kasmarni Ajak Makmurkan Masjid | Masalah Listrik Wabup Bagus Santoso Intruksikan Camat dan Kades Pro Aktif | Pj Sekda Kampar Ahmad Yuzar Launching Pelayanan Administrasi Kependudukan di Desa Pandau Jaya. | Pemdes Bantan Tua Melaksanakan MTQ Ke XVIII Desa Bantan Tua
Minggu, 23 Juni 2024
/ Pekanbaru / 08:17:35 / Jalan Tol Bangkinang-Koto Kampar Sudah Rampung 100 Persen Jelang Kunjungan Presiden ke Riau /
Bakal Diresmikan?
Jalan Tol Bangkinang-Koto Kampar Sudah Rampung 100 Persen Jelang Kunjungan Presiden ke Riau
Rabu, 29/05/2024 - 08:17:35 WIB

Realitaonline.com, PEKANBARU - Pekerjaan pembangunan konstruksi ruas Jalan Tol Bangkinang-Koto Kampar sudah rampung 100 persen, setelah sempat dibuka saat menyambut arus mudik Lebaran 2024 kemarin, kini ruas jalan yang menjadi bagian Tol Pekanbaru-Padang ini kembali ditutup. Seiring rencana kunjungan Presiden Joko Widodo 1 Juni mendatang ke Riau, apakah ruas jalan tol ini sekaligus bakal diresmikan?

Ya, Presiden Jokowi dijadwalkan bakal menghadiri puncak peringatan Hari Lahir Pancasila di Lapangan Garuda Blok Rokan. Tepatnya di areal PHR di Dumai. Turut serta beberapa menteri dalam rombongan presiden nantinya, termasuk Menteri PUPR Basuki Hadimuljono dikabarkan juga ikut serta.

Meskipun agenda Presiden yang diketahui masih sebatas memimpin upacara peringatan Hari Lahir Pancasila 2024 di Blok Rokan, namun peresmian proyek strategis nasional di Riau juga bukan tidak mungkin sekaligus dilaksanakan. Termasuk peresmian jalan tol Bangkinang-Koto Kampar yang menghubungkan Tol Pekanbaru-Bangkinang.

Perihal rencana peresmian ini, pihak Hutama Karya selaku BUMN yang melaksanakan pekerjaan dan mengelola Jalan Tol Trans Sumatera termasuk yang ada di Riau, mengungkapkan rencana peresmian tentunya tergantung jadwal Presiden.

"Kalau untuk peresmian jalan tol (Bangkinang-Koto Kampar), menyesuaikaan dengan jadwal Pak Presiden," kata EVP Sekretaris Perusahaan Hutama Karya, Adjib Al Hakim dikonfirmasi Riaupos.jawapos.com, Senin (27/5/2024).

Jalan tol Bangkinang-Pangkalan Tahap I (Bangkinang-Koto Kampar) memiliki mainroad sepanjang 24,7 km, dengan jumlah lajur 2x2. Adapun kecepatan adalah 80 km/jam, yang dapat mengefisiensikan perjalanan pengguna jalan tol dari semula 1 jam menjadi hanya 15-20 menit saja. Untuk jalan tol ini dilengkapi dengan berbagai fasilitas struktur meliputi 8 jembatan, 9 box pedestrian + box culvert, 3 overpass, 1 interchange, dan 2 gerbang tol.

Progres konstruksi, diungkapkan Adjib Al Hakim sudah rampung keseluruhan paska ditutup kembali setelah beroperasional sementara menyambut arus mudik 2024 lalu.

"Konstruksi Jalan Tol Bangkinang-Koto Kampar telah rampung 100 persen," tambahnya singkat.

Untuk diketahui, ruas Jalan Tol Bangkinang-Koto Kampar merupakan sambungan dari Tol Pekanbaru-Bangkinang yang sudah dibuka dan beroperasional. Tol Bangkinang-Koto Kampar merupakan tahap I pekerjaan pembangunan ruas Jalan Tol Bangkinang-Pangkalan, yang menghubungkan Provinsi Riau dengan Provinsi Sumatera Barat.

   
 
 
 
 
 

Alamat Redaksi & Iklan :
 
Jl. Garuda No. 76 E Labuhbaru
Pekanbaru, Riau-Indonesia
  Mobile  : 081268650077
Email : yhalawa2014@gmail.com