Home
Walikota Dumai Tingkatkan Program Kesehatan dan Kebersihan | Harta Kekayaan Kaban Keuangan Tapsel terus meningkat tiap Tahun | Wabup Dampingi Paban VI/Taswilnas Ster TNI Serahkan Bansos ke Warga Rupat | Dinkes Bengkalis Periksa Kesehatan 408 JCH Sebelum ke Tanah Suci | Tim Anev SI-ABK Polda Riau Evaluasi Kinerja Personel Polres Rokan Hilir | Tokoh Muda Rohil, Zakifri Kembalikan Formulir Pendaftaran Bacakada di Sejumlah Parpol
Kamis, 09 Mei 2024
/ Dumai / 21:16:10 / Wali Kota Dumai Pimpin Apel Besar Peringatan Hari Pramuka ke-62 Tahun 2023 /
Berlangsung Semarak,
Wali Kota Dumai Pimpin Apel Besar Peringatan Hari Pramuka ke-62 Tahun 2023
Minggu, 03/09/2023 - 21:16:10 WIB

Realitaonline.com, DUMAI - Memperingati Hari Pramuka ke-62 Tahun 2023, Kwartir Cabang (Kwarcab) Pramuka Kota Dumai menggelar Apel Besar, bertempat di Halaman Mal Pelayanan Publik (MPP) Kota Dumai, Sabtu (2/9/2023) pagi.

Wali Kota Dumai, H. Paisal, SKM, MARS yang juga selaku Ketua Majelis Pembimbing Cabang Gerakan Pramuka Kota Dumai memimpin Apel Besar yang diikuti kurang lebih 700 peserta yang berasal dari Gugus Depan Pangkalan SD, SMP, dan SMA sederajat se-Kota Dumai.

Dalam apel, orang nomor satu Dumai itu membacakan amanat Ketua Kwartir Nasional (Kwarnas) Gerakan Pramuka, Komjen Pol. (Purn) Drs. Budi Waseso.

Ia menyampaikan, gerakan pramuka diharapkan dapat terus menunjukkan semangat untuk meningkatkan sumber daya manusia yang lebih professional serta mencermati sumber daya manusia yang ada sekarang ini.

"Di samping itu, Wawasan Kebangsaan juga menjadi sangat penting sehingga nilai-nilai kebangsaan yang dimiliki tidak luntur, tetap menanamkan Nasionalisme, Cinta Tanah Air dan semangat Bela Negara," ucap H. Paisal.

Diakui Ketua Kwarnas, jumlah sumber daya manusia yang ada di Gerakan Pramuka, khususnya para Pembina Pramuka dan Pelatih Pembina Pramuka jumlahnya mash sangat terbatas. 

"Oleh sebab itu, peningkatan jumlah dan Kualitas Pembina serta Pelatih Pembina Pramuka harus terus dapat ditingkatkan," tuturnya.

Lebih lanjut disampaikan H. Paisal, Kwartir Nasional Gerakan Pramuka juga sedang berupaya untuk memperbaiki Undang-Undang Nomor 12 tahun 2010 tentang Gerakan Pramuka dan membangun sistem aplikasi yang mengarah kepada era digitalisasi agar Gerakan Pramuka tidak tertinggal serta dapat mengikuti perkembangan zaman.

"Tentu harapan kita agar melalui perbaikan Undang-Undang tersebut dan pengembangan teknologi dan informasi, akan dapat menjadikan Gerakan Pramuka semakin berdaya guna dan berhasil guna," pungkasnya.

Kegiatan ini juga dirangkaikan dengan penganugerahan penghargaan berupa Lencana Darma Bakti, Lencana Pancawarsa, Pramuka Siaga Garuda, Pramuka Penggalang Garuda, Pramuka Penegak Garuda, Pramuka Pandega Garuda kepada total 69 penerima, serta penghargaan kepada Gudep 02.023 – 02.024 Pangkalan SDN 018 Purnama Dumai sebagai Gudep Ramah Lingkungan Kwarcab Kota Dumai Tahun 2023.

Kegiatan pun semakin semarak dengan berbagai atraksi yang ditampilkan usai Apel Besar, diantaranya penampilan Yel-yel Purna Peserta Raimuna Nasional XII Tahun 2023, Musikal Nusantara Gudep 06.003 – 06.004 Budi Darma Dumai, Tari Bujang Ganong Jawa dari Kwarran Dumai Selatan, Persembahan Gudep SMP Negeri 4 Dumai, Silat Gudep 03.019 – 03.020 SDN 008 Bukit Kapur, dan Parade Semaphore Gudep 07.007-07.008 MTsN 1 Dumai.

   
 
 
 
 
 

Alamat Redaksi & Iklan :
 
Jl. Garuda No. 76 E Labuhbaru
Pekanbaru, Riau-Indonesia
  Mobile  : 081268650077
Email : yhalawa2014@gmail.com