Home
Restoran D'ulek Resto Yang Berlokasi di Tepi Pantai Salah Satu Tempat Berwisata Di Kota Dumai | Ridwansyah Ketua Terpilih DPC PPDI Pimpin Rapat | Ir.Ganda Mora Angkat Bicara Terkait Mafia Penampung Cangkang Dibiarkan Merajalela | Sholat Jum’at Bersama Warga, Kapolda Riau Dengarkan dan Respon Curhatan Jamaah | Sholat Jum’at Bersama Warga, Kapolda Riau Dengarkan dan Respon Curhatan Jamaah | Dandim Dumai Mengadakan Coffee Morning Bersama Insan Pers
Senin, 06 Februari 2023
/ Kepulauan Nias / 21:48:49 / Wakil Bupati Nias Barat Resmikan Sentra Layanan Universitas Terbuka /
Wakil Bupati Nias Barat Resmikan Sentra Layanan Universitas Terbuka
Rabu, 07/12/2022 - 21:48:49 WIB
TERKAIT:
   
 

Realitaonline.com.Nias Barat– Wakil Rektor IV Universitas Terbuka, Rahmat Budiman, M.Hum., Ph.D bersama Wakil Bupati Nias Barat, Dr. Era Era Hia, M.M., M.Si resmikan Sentra Layanan Universitas Terbuka (SALUT) diwilayah Kabupaten Nias Barat, Senin 05/12/2022.


Perguruan Tinggi Negeri (PTN) ke-45 di Indonesia Universitas Terbuka (UT) berdiri sejak tahun 1984 terus berkontribusi menghadirkan layanan pendidikan tinggi bagi semua lapisan masyarakat. Sebagai sebuah pusat layanan pembelajaran modern serta pusat layanan akademik dan non-akademik bagi mahasiswa,


SALUT Nias Barat didukung dengan perangkat Teknologi Informasi Komunikasi (TIK) seperti komputer dan jaringan internet sesuai ketentuan UT. Selain itu, di dalam SALUT juga tersedia ruangan bagi pelaksanaan kegiatan pembelajaran tatap muka sebagai bagian dari layanan Pendidikan Jarak Jauh (PJJ).


Sambutan Wakil Rektor IV Universitas Terbuka, Rahmat Budiman, M.Hum., Ph.D dikatakan bahwa, merupakan bukti komitmen UT dalam rangka menjangkau layanan pendidikan di seluruh wilayah Indonesia, termasuk di daerah terpencil seperti kepulauan Nias, khususnya Kabupaten Nias Barat.


“Kerjasama antara UT dan Pemkab Nias Barat pertama-tama diawali dengan kunjungan Wabup Nias Barat Era Era Hia di kampus UT pada tanggal 04 Oktober 2021, dan bertemu langsung dengan Rektor UT beserta pimpinan UT lainnya, untuk membicarakan kerjasama dalam hal pembukaan SALUT di Nias Barat,” tuturnya.


Proses demi proses atas pertolongan Tuhan, lanjut Rahmat, dari hasil yang dilakukan itu semua penuh penelitian dan kajian, UT memutuskan untuk bekerjasama dengan Pemerintah Kabupaten Nias Barat.


“Terhitung tanggal 19 Januari 2022 dilakukan penandatangan kesepakatan (MoU) antara Bupati bersama Wakil Bupati Nias Barat dengan Rektor Universitas Terbuka di Kampus UT Pondok Cabe, dan 04 Februari 2022 dilanjutkan penandatangan Perjanjian Kerja Sama (PKS), yang ditandangani oleh Sekda Nias Barat Prof. Dr. Fakhili Gulo dan Direktur UT Medan Dra. Yusrafiddin, M.Pd di Kampus UT Medan,” ungkap Rahmad Budiman.


Pada sambutan Wakil Bupati Nias Barat, Dr. Era Era Hia, M.M,. M.Si atas peresmian gedung SALUT di Nias Barat mengapresiasi pendidikan tinggi UT di Nias Barat dan Kepulauan Nias Khususnya.


“Apresiasi yang setinggi -tingginya terbukanya akses sekolah Tinggi yang setingkat dengan fakultas lain yang ada di Indonesia, SALUT satu – satunya akses pendidikan untuk tingkat perguruan tinggi yaitu UT, sehingga kualitas SDM meningkat dan maju di masa mendatang untuk kebutuhan daerah kita di Kabupaten Nias Barat. Keberafaan UT di Kabupaten Nias Barat, sangat luar biasa, memberikan kemudahan dalam pendidikan tinggi, dan bila hal ini kita dukung bersama akan niscaya daerah kita akan di perhitungkan kedepannya,” tutur Wabup Era Era Hia.


Untuk diketahui, saat ini UT memiliki 420 ribu orang mahasiswa aktif yang tersebar di 37 Provinsi se-Indonesia dan 44 negara, serta 2 juta alumni. UT terus berkomitmen menyediakan pendidikan tinggi jarak jauh yang berkualitas dan terjangkau bagi semua lapisan masyarakat.


Salah satu bukti kualitas lulusan UT adalah sebanyak 9.436 alumni UT lolos menjadi CPNS pada pelaksanaan tes CPNS tahun 2019 lalu, dan lebih dari 73 ribu alumni UT lolos sebagai Guru PPPK. Saat ini seiring dengan status baru UT sebagai Perguruan Tinggi Negeri Berbadan Hukum (PTNBH) maka UT mempunyai otonomi sebagai perguruan tinggi yang dapat membuka serta menutup program studi sendiri sesuai dengan kebutuhan masyarakat sehingga UT mempunyai otonomi akademik yang lebih luas. Selain itu UT dapat memiliki otonomi dalam pengelolaan dan pengadaan sumber daya manusia (SDM).


Hadir pada acara peresmian SALUT Nias Barat tersebut Wakil Bupati Nias Barat Dr. Era Hia Hia mewakili Bupati, Wakil Rektor Bidang Pengembangan Institusi dan Kerja Sama UT Rahmat Budiman, M.Hum., Ph.D mewakili Rektor UT, Direktur UT Medan Dra. Yusrafiddin, M.Pd, mantan Bupati Nias Barat Faduhusi Daeli, S.Pd., M.M, mantan Wakil Bupati Nias Barat Hermit Hia, S.IP yang juga alumni.

   
 
 
 
 
 

Alamat Redaksi & Iklan :
 
Jl. Garuda No. 76 E Labuhbaru
Pekanbaru, Riau-Indonesia
  Mobile  : 081268650077
Email : yhalawa2014@gmail.com