Home
SELLA PITALOKA ZUKRI : PELALAWAN BERHASIL MENDAPATKAN PENGHARGAAN KABUPATEN LAYAK ANAK | Berikan Santunan Ke Panti Asuhan Dan Kaum Dhuafa,Di Peringatan Hari Bhakti TNI AU Ke 74 Tahun | Yan Prana Jaya Dituntut jaksa 7 Thn 6 Bln,Majelis Hakim Vonis 3 Thn Pen | Tomy LSM GERHANA: Direktur RSUD AA Diduga Kong Kali Kong Dengan Rekanan | Polres Dumai Bersama Satgas Covid-19 Laksanakan Sosialisasi (Prokes) dan (PPKM) Level lll | Ilegal Loging Sungai Linau Siak Kecil Diduga Oknum Polhut Dumai Ada Dibelakangnya
Jum'at, 30 Juli 2021
/ Pekanbaru / 07:19:56 / Mediasi dan konsiliasi cara menyelesaikan perselisihan /
Mediasi dan konsiliasi cara menyelesaikan perselisihan
Senin, 19/07/2021 - 07:19:56 WIB

Realitaonline.com, Pekanbaru - Perselisihan Hubungan Industrial, perbedaan pendapat yang mengakibatkan pertentangan antara pengusaha dengan pekerja atau buruh karena adanya perselisihan mengenai hak, perselisihan kepentingan, perselisihan pemutusan hubungan kerja dan perselisihan antar serikat pekerja/serikat buruh dalam satu perusahaan.

Setiap bentuk perselisihan tersebut memiliki cara atau prosedur tersendiri untuk menyelesaikannya baik itu melalui perundingan bipartit, mediasi, konsiliasi, arbitrase, atau diselesaikan di Pengadilan Hubungan Industrial.

Demikian dikata Wakil Ketua Badan Buruh dan Pekerja Pemuda Pancasila Riau, Ahmad Jhon Bahagia Ginting SH yang didamping sejumlah pengurus saat bersilaturahmi dengan Pengusaha Show Room dan Cafe di Rizki Cafe jalan Juanda Pekanbaru, Minggu (18/07/21).

Pengusaha dengan pekerja saling membutuhkan dan kerja sama yang dibangun seharusnya saling menguntungkan. “Wajar bila buruh ditempatkan sebagai garda terdepan dalam melindungi perusahaan dari gangguan pihak – pihak tertentu,” tambah Ahmad Jhon Bahagia Ginting.

Menurut dia, buruh juga harus bersikap jujur, tidak boleh keberadaannya mengancam perusahaan. Perusahaan itu harus dijadikan seperti rumah mereka, sehingga harus dijaga dan dikelola dengan baik.

“Buruh jangan memanfaatkan peraturan untuk kepentingan pribadi, seperti cuti haid yang diberikan kepada buruh." tutup Ahmad Jhon Bahagia Ginting.

Diwaktu yang sama pengusaha show room mobil dan cafe, Nasdi Tanjung mengatakan B2P3 Riau dapat menciptakan keseimbangan dan keharmonisan hubungan industrial di perusahaan. Oleh sebab itu institusi tersebut mempunyai fungsi dan peran yang sangat signifikan dalam memajukan bangsa, khususnya pembangunan dibidang ketenagakerjaan.

"Sebagai pengusaha sangat support hadir B2P3 di Provinsi Riau dan kami melihat ini sebagai gerakan yang positif. B2P3 bisa mengakomodir buruh dan pekerja yang berkwalitas dan berdaya saing." harapan Nasdi Tanjung.A-R
   
 
 
 
 
 

Alamat Redaksi & Iklan :
 
Jl. Garuda No. 76 E Labuhbaru
Pekanbaru, Riau-Indonesia
  Mobile  : 081268650077
Email : yhalawa2014@gmail.com