TEMBILAHAN - Bupati Kabupaten Indragiri Hilir (Inhil), HM Wardan menjamu para delegasi International Coconut Exhibition tahun 2017 dalam ...[read more] "> TEMBILAHAN - Bupati Kabupaten Indragiri Hilir (Inhil), HM Wardan menjamu para delegasi International Coconut Exhibition tahun 2017 dalam " />
 
Home
Polres Dumai Berhasil Menggulung 4 Tersangka Dengan Barang Bukti 5000 Kg Sabu dan 150 Butir Pil Ekta | Minta Perhatikan Daerah yang Komitmen Menjaga Lingkungan | Keluarga Besar SDN 006 Pangkalan Kerinci Gelar Buka Puasa Bersama | Pemko Pekanbaru Serahkan LKPD 2023 ke BPK Perwakilan Riau | Disdukcapil Pekanbaru: Dokumen Kependudukan Sudah Ada Barcode, Tidak Perlu dilegalisir | Dinas Kesehatan Kota Dumai Laksanakan Lomba Balita Sehat Yang Diikuti Ratusan Peserta
Jum'at, 29 Maret 2024
/ Indragiri Hilir / 21:45:53 / Bupati Wardan Jamu Delegasi International Coconut Exhibition 2017 /
Bupati Wardan Jamu Delegasi International Coconut Exhibition 2017
Sabtu, 09/09/2017 - 21:45:53 WIB

REALITAONLINE.COM, TEMBILAHAN - Bupati Kabupaten Indragiri Hilir (Inhil), HM Wardan menjamu para delegasi International Coconut Exhibition tahun 2017 dalam acara Gala Dinner yang dilaksanakan di Kediaman Bupati Inhil, Jalan Kesehatan Nomor 1, Tembilahan, Jum'at (8/9/2017) malam.

Gala dinner yang diadakan untuk menyambut kedatangan para peserta International Coconut Exhibition 2017 dan difungsikan sebagai ajang beramah - tamah ini diikuti oleh Direktur Eksekutif APCC, Mr Uron Neil dan ratusan delegasi, baik delegasi yang berasal dari luar negeri maupun dalam negeri.

Dalam sambutannya, Bupati Kabupaten Indragiri Hilir, HM Wardan mengatakan, julukan Kabupaten Indragiri Hilir sebagai 'Negeri Seribu Parit' dan 'Negeri Hamparan Kelapa Dunia' sangatlah beralasan. Selain terdapat parit yang begitu banyak, Kabupaten Inhil juga memiliki perkebunan kelapa yang begitu luas kepunyaan masyarakat.

Selain itu, Bupati Wardan juga sedikit menceritakan asal - usul perkembangan perkebunan kelapa di Inhil sejak ratusan tahun lalu. Dituturkan Bupati, sejarah perkembangan perkebunan kepapa rakyat berawal sejak masuknya masyarakat beragam suku, seperti suku Banjar, Bugis dan Jawa.

"Melalui suku banjar, yang mungkin telah terbiasa di daerah asalnya Kalimantan, teknik pengembangan varietas Kelapa Dalam berhasil ditemukan," ujar Bupati.

Dihadapan para delegasi luar negeri dan ratusan hadirin lainnya, Bupati Wardan menjelaskan tentang teknik irigasi tradisional, sistem trio tata air yang sejak puluhan tahun lalu diterapkan oleh masyarakat pekebun Kabupaten Inhil.

Kendati memiliki sistem pengairan tradisional yang diterapkan di era modern, diungkapkan Bupati Wardan, Kabupaten Inhil juga tidak luput dari permasalahan di bidang perkebunan kelapa yang hingga saat ini menjadi kendala dalam upaya pengembangan.

"Sedikitnya, 100 ribu hektare lahan perkebunan kelapa masyarakat yang mengalami kerusakan yang disebabkam oleh beberapa faktor, seperti intrusi air laut, dan serangan hama,"

Padahal, menurut Bupati, keberadaan perkebunan kelapa telah banyak memberikan kontribusi bagi masyarakat Inhil dan dinamika pembangunan daerah.

Disamping persoalan alam, perkebunan Kelapa di Kabupaten Inhil juga dihadapkan dengan permasalahan minimnya industri pengolahan kelapa. Menurut Bupati Wardan, problema pengolahan kelapa di Kabupaten Inhil tersebut memerlukan campur tangan pemerintah untuk mengatasinya. Peran yang diharapkan dari Pemerintah Pusat ialah berupa bantuan untuk mendorong upaya pengembangan hilirisasi kelapa.

"Dengan begitu, pasokan kelapa yang berlimoah di Inhil dapat tersedot oleh kebutuhan industri. Dampak positifnya, permintaan akan kelapa akan meningkat, monopoli atau tekanan terhadap harga pun tidak akan terjadi," papar Bupati.

Sedangkan peranan luar negeri yang diharapkan, khususnya oleh APCC, dikatakan Bupati Wardan ialah berupa promosi potensi kelapa di Kabupaten Inhil guna mendatangkan investor asing sehingga dapat memperbaiki iklim investasi yang saat ini tidak berimbang karena minimnya industri pengolahan.

Pada acara Gala Dinner ini, para delegasi International Coconut Exhibition Tahun 2017 disuguhi oleh tayangan audio visual tentang Kabupaten Inhil, beragam jenis tari - tarian tradisional dan lantunan sya'ir ibarat. (adv)***

   
 
 
 
 
 

Alamat Redaksi & Iklan :
 
Jl. Garuda No. 76 E Labuhbaru
Pekanbaru, Riau-Indonesia
  Mobile  : 081268650077
Email : yhalawa2014@gmail.com