KAMPAR– Sehubungan telah diberlakukannya Asean Economic Community (AEC), atau Masyarakat Ekonomi Asean (MEA) pada akhir tah...[read more] "> KAMPAR– Sehubungan telah diberlakukannya Asean Economic Community (AEC), atau Masyarakat Ekonomi Asean (MEA) pada akhir tah" />
 
Home
Khenoki Waruwu Mendaftar Sebagai Bakal Cakada Di Partai Golkar, PDI-P Dan Partai Demokrat | Sekretaris Gerinda Sumut Dukung Khenoki Waruwu Di Pilkada Nias Barat 2024 | Dinas kesehatan Kota Dumai Melakukan Pemeriksaan Kesehatan dan Memberikan Vitamin Para Peserta | Drainase Tak Berfungsi, Sejumlah Ruas Jalan di Pekanbaru Tergenang  | Bupati Kasmarni Berangkatkan 68 Peserta Menuju MTQ Riau di Dumai | Lapas Kelas II Bengkalis Gelar Donor Darah
Jum'at, 19 April 2024
/ Advertorial / 21:32:26 / H.Arsy Adjuliandi Rachman Gubernur Riau Dukung RIAU MEA EXPO 2016 /
Peluang MEA bagi Masyarakat Kampar
H.Arsy Adjuliandi Rachman Gubernur Riau Dukung RIAU MEA EXPO 2016
SELASA, 11/07/2017 - 21:32:26 WIB

REALITAONLINE.COM,KAMPAR– Sehubungan telah diberlakukannya Asean Economic Community (AEC), atau Masyarakat Ekonomi Asean (MEA) pada akhir tahun 2015 di wilayah Negara ASEAN, maka akan menyebabkan terjadinya pembentukan pasar tunggal (single market) sehingga memungkinkan satu negara menjual barang dan jasa mereka kepada negara negara lain yang masih dalam lingkup Asia Tenggara dengan mudah tanpa menerapkan bea masuk (Free Trade Area).

Bertitik tolak basis produksi yang digalakkan ini menjadi arus barang, jasa, investasi dan tenaga terampil serta aliran modal pun lebih mudah dan bebas keluar masuk kesuatu negara, adanya MEA ini bertujuan untuk meningkatkan daya saing negara negara ASEAN dikancah internasional. Selian itu, dapat menciptakan ekonomi di wilayah ASEAN.

Dalam rangka persiapan persaingan global terutama Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA) tersebut Kamar Dagang dan Industri Provinsi Riau, melalui ekspose Ketua Umum, Juni Ardianto Rachman, yang menggandeng mitra PT. Atiro Luki Mediatama, sebuah perusahaan Event Organizer, alamat Jalan Pengadegan Barat Raya No.14 Jakarta Selatan yang telah teruji melaksanakan berbagai ivent berskala Nasional serta Internasional, akan dilaksanakan RIAU MEA EXPO 2016, pada tanggal 24- 27 November 2016, demikian paparnya juga diadampingi Koordinator acara, Wisma Helmizardi baru- baru ini di Pekanbaru.

Adapun akan digelarnya RIAU MEA EXPO 2016 itu, bertempat di Arena Purna MTQ Pekanbaru dan Hotel Labersa Kampar Riau, dengan acara bertema, Pameran Berbagai Bidang, Bisnis & Investment Forum, Asean Forum, Updates from Region, One on One Meeting, Etnis Festival, Pergelaran Seni Budaya dan Hiburan itu mendapat respon positif dari Pemerintahan Provinsi Riau.

Dukungan serta respon positif dari Gubernur Riau, H. Arsy Adjuliandi Rachman, atas ide cemerlang yang digagas KADIN Provinsi Riau tersebut tertuang dalam suratnya No. 570/BPMPD/16.11, tanggal 14 Juni 2016 tentang himbauan kepada para pelaku bisnis agar berpartisipasi memanfaatkan moment tersebut atas kegiatan RIAU MEA EXPO 2016, Kamis s/d Minggu, 24- 27 November 2016 yang akan dilaksanakan di Lapangan Purna MTQ Pekanbaru, ujar gubernur.

Dipaparkan gubernur, bahwa pemberlakuan Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA) pada hakekatnya merupakan perwujudan Visi ASEAN 2020 untuk menciptakan kawasan ASEAN yang stabil, makmur, berdaya saing tinggi, mempercepat liberalisasi perdagangan di bidang jasa, meningkatkan pergerakan tenaga kerja profesional dan jasa lainnya secara bebas di kawasan ASEAN.

Terkait hal tersebut menyebabkan terjadinya pasar tunggal sehingga memungkinkan suatu Negara menjual barang dan jasa kepada Negara lain di kawasan ASEAN dengan mudah tanpa menerapkan bea masuk, pemerintahan Provinsi Riau sangat mengapresiasi di selenggarakannya RIAU MEA EXPO 2016 dengan kegiatan- kegiatan Pameran di berbagai bidang, Bisnis dan Invesment Forum, ASEAN Forum, Update from Region, One on One Meteting, Etnis Festival, Pergelaran Seni Budaya yang sarat dimiliki Provinsi Riau, demikian ujar gubernur. (Hasmi )

Peluang MEA bagi Masyarakat Kampar

Keuntungan yang akan kita peroleh sebagai daerah yang secara geografis bersebelahan dan bertetangga tentu akan menjadi lebih besar dibandingkan dengan  daerah lainnya di Indonesia. Di samping kita bisa memanfaatkan peluang kedekatan dengan komoditas pertanian yang kita usahakan. Pemerintah daerah sudah dapat melihat peluang untuk terus meningkatkan dan membina petani untuk menghasilkan produk yang berkualitas dan dapat bersaing dalam pasar asean terutama Malaysia.

Masyarakat Kampar yang secara emosional telah memiliki hubungan yang bagus dan terbangun lama walaupun sifatnya personal, dengan adanya peluang MEA akan lebih memberikan nilai plus, dimana lalu lintas barang baik mentah maupun olahan akan mendapat kemudahan dan juga dapat bersaing secara kompetitif. Sekarang yang perlu kita lakukan adalah memanfaatkan peluang yang ada, meningkatkan mutu dan kontuinitas agar tampak adanya keseriusan kita dalam memanfaatkan pasar.(Adv)***
   
 
 
 
 
 

Alamat Redaksi & Iklan :
 
Jl. Garuda No. 76 E Labuhbaru
Pekanbaru, Riau-Indonesia
  Mobile  : 081268650077
Email : yhalawa2014@gmail.com