TELUKKUANTAN - Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kuantan Singingi (Kuansing), Riau menggelar sidang paripurna dengan agenda nota peng...[read more] "> TELUKKUANTAN - Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kuantan Singingi (Kuansing), Riau menggelar sidang paripurna dengan agenda nota peng" />
 
Home
Keluarga Besar Rang Jambak ( KBRJ) Mengadakan Silaturahmi dan Berbuka Bersama. | Polres Dumai Berhasil Menggulung 4 Tersangka Dengan Barang Bukti 5000 Kg Sabu dan 150 Butir Pil Ekta | Minta Perhatikan Daerah yang Komitmen Menjaga Lingkungan | Keluarga Besar SDN 006 Pangkalan Kerinci Gelar Buka Puasa Bersama | Pemko Pekanbaru Serahkan LKPD 2023 ke BPK Perwakilan Riau | Disdukcapil Pekanbaru: Dokumen Kependudukan Sudah Ada Barcode, Tidak Perlu dilegalisir
Jum'at, 29 Maret 2024
/ Kuantan Singingi / 19:50:59 / Di Sidang Paripurna Nota Pengantar RAPBD-P 2017 /
Di Sidang Paripurna Nota Pengantar RAPBD-P 2017
Selasa, 24/10/2017 - 19:50:59 WIB
Wabup Halim sampaikan nota pengantar RAPBD-P 2017 di sidang paripurna DPRD Kuansing, Selasa (24/10/2017).

REALITAONLINE.COM,TELUKKUANTAN - Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kuantan Singingi (Kuansing), Riau menggelar sidang paripurna dengan agenda nota pengantar Rancangan Anggaran Pendapatan Belanja Daerah - Perubahan (RAPBD-P) 2017, Selasa (24/10/2017).

Sidang paripurna kali ini berbeda dengan paripurna lainnya. Sebab, Wakil Ketua II Alhamra diamanahkan sebagai pemimpin sidang.

"Sudah lebih tiga tahun kita menjadi anggota dewan dan saya sama Pak Waka I (Sardiyono) selalu memimpin. Nah, kali ini kita minta kesediaan Pak Waka II yang memimpin," ujar Andi Putra, SH, MH selaku Ketua DPRD Kuansing.

Usulan tersebut disambut antusias oleh 35 anggota DPRD. Kemudian, staf dewan memindahkan palu ke meja Alhamra. Kendati baru pertama kali memimpin sidang, Alhamra tak merasa canggung hingga sidang berakhir.

Selain dihadiri Sardiyono, sidang paripurna ini juga dihadiri oleh instansi vertikal seperti Polres Kuansing yang diwakili Kapolsek Kuantan Tengah Kompol Jasmadi dan Kepala Rutan Telukkuantan.

Begitu juga dengan Kepala Dinas, Badan dan Satuan di Lingkungan Pemkab Kuansing beserta pejabat eselon III-nya. Suasana sidang paripurna juga terlihat lebih ramai dengan kehadiran pejabat yang dikomandoi Muharlius selaku Plt. Sekda.

Pada kesempatan ini, Bupati Kuansing yang diwakili H. Halim menyampaikan nota pengantar perubahan APBD 2017. Menurut Halim, implementasi rancangan perubahan APBD dibutuhkan keterpaduan dan sinkronisasi dengan program kegiatan yang telah tertuang dalam Kebijakan Umum Perubahan Anggaran (KUPA) dan PPAS Perubahan.

"Alhamdulillah sudah kita sepakati bersama dalam bentuk nota kesepakatan antara Pemda dan DPRD Kuansing, sebagai dasar penyusunan RAPBD 2017," ujar Halim.

Dari sisi belanja, kata Halim, RAPBD-P 2017 tetap mengedepankan peningkatkan kualitas kehidupan masyarakat dalam upaya memenuhi kewajiban daerah. Hal ini diwujudkan dalam bentuk peningkatan pelayanan dasar, pendidikan, penyediaan fasilitas kesehatan, dan infrastruktur yang layak.

Pada sisi pendapatan daerah, lanjut Halim, terjadi peningkatan sebesar Rp74,2 Miliar lebih dari Rp1,4 triliun atau 5,31 persen dibandingkan APBD murni 2017.

"Peningkatan ini bersumber dari Pendapatan Asli Daerah yang diproyeksikan sebesar Rp118,4 Miliar, mengalami perubahan dari APBD Murni tahun 2017 sebesar Rp42,9 Miliar.Sementara untuk dana perimbangan diproyeksikan Rp1,034 triliun meningkat dari APBD murni 2017 sebesar Rp16,1 Miliar atau 1,58 persen," papar Halim.

Tak hanya itu, Halim menyatakan pendapatan daerah lain-lain yang sah diproyeksikan sebesar Rp288,8 Miliar meningkat 2,87 persen atau Rp8,055 Miliar dari APBD Murni 2017.

Hingga saat ini, lanjut Halim, Pemkab Kuansing terus berupaya maksimal dalam menggali potensi daerah untuk meningkatkan pendapatan daerah dengan tetap berpedoman pada peraturan yang berlaku. Proyeksi pendapatan daerah diarahkan pada peningkatan kemandirian daerah dalam penyediaan anggaran melalui penyederhanan sistem dan prosedur administrasi pemungutan pajak dan retribusi.

"Kita akan meningkatkan koordinasi dengan pusat dan provinsi untuk meningkatkan kualitas pelayanan yang lebih efektif, efisien dan maksimal," ujar Halim.

Pada sisi belanja, tingginya tingkat kebutuhan yang tidak seimbang dengan kapasitas fiskal yang dimiliki daerah sehingga dalam penentuan besaran belanja daerah perlu disusun secara selektif sesuai KUPA serta prioritas plafon PPAS-P.

Dimana, belanja tidak langsung diproyeksikan Rp893 Miliar, naik dari APBD Murni 2017 sebesar Rp35,8 Miliar. Belanja ini untuk belanja pegawai, hibah, Bansos, bantuan keuangan Pemprov, Pemkab, pemdes dan belanja tak terduga.

Sementara belanja langsung pada APBD-P 2017 diproyeksikan Rp577,8 Miliar atau mengalami kenaikan sebesar Rp38,3 Miliar dibandingkan APBD Murni 2017. Besaran anggaran tersebut digunakan untuk belanja pegawai, belanja barang dan jasa serta belanja modal.

Dalam tahun anggaran 2017, Pemkab Kuansing akan melaksanakan beberapa program prioritas diantaranya, bidang pendidikan berupa pengadaan peralatan scanner untuk UN. Di bidang infrastruktur, pihaknya akan melaksanakan pembangunan sarana dan prasarana jalan antar desa dan kecamatan.

Sementara di bidang kesehatan, Pemkab Kuansing tetap mengedepankan pelayanan kesehatan masyarakat dengan meningkatkan beberapa fasilitas kesehatan dan pengembangan cagar kebudayaan di Kuansing.

"Insya Allah semua ini terwujud atas kerja sama yang baik antara eksekutif, legislatif, swasta dan masyarakat," ucap Halim optimis.

Meski begitu, Wabup Halim tak menampik bahwa rencana anggaran pembiayaan daerah di APBD-P mengalami defisit anggaran sebesar Rp29,7 Miliar. Namun, Halim menyatakan defisit anggaran tersebut bisa ditutup dengan pembiayaan netto, yakni selisih penerimaan pembiayaan berupa sisa lebih pembiayaan tahun sebelumnya sebesar Rp29,7 Miliar.

Di akhir pengantarnya, Halim berharap DPRD dapat menyetujui APBD-P untuk ditetapkan menjadi Perda dalam waktu yang tak terlalu lama.(adv)
   
 
 
 
 
 

Alamat Redaksi & Iklan :
 
Jl. Garuda No. 76 E Labuhbaru
Pekanbaru, Riau-Indonesia
  Mobile  : 081268650077
Email : yhalawa2014@gmail.com