TEMBILAHAN- Pantai Solop dan Makam Tuan Guru Syech Abdurrahman Siddiq menjadi dua objek wisata yang paling tersohor di Negeri Seribu Pari...[read more] "> TEMBILAHAN- Pantai Solop dan Makam Tuan Guru Syech Abdurrahman Siddiq menjadi dua objek wisata yang paling tersohor di Negeri Seribu Pari" />
 
Home
Gabungan Organisasi Relawan Jokowi Adakan Buka Puasa Bersama Anak Yatim Piatu | Gubernur Riau Kembali Gelar Safari Ramadhan di Kampar | Gubernur Riau Bagikan 2500 Sertifikat Tanah Koto Kampar Hulu | PPWI Berikan Santunan kepada Anak Yatim | Laskar Muda Armed 12/Kostrad Salurkan Bantuan ke Panti Asuhan | Kepala BBPJN-I Sumut akan Panggil PPK PJN Wilayah II Provinsi Riau.
Senin, 27 Mei 2019
/ Indragiri Hilir / 21:16:54 / 10 Objek Wisata di Inhil Ini Juga Patut Dicoba /
10 Objek Wisata di Inhil Ini Juga Patut Dicoba
Sabtu, 22/04/2017 - 21:16:54 WIB

REALITAONLINE.COM,TEMBILAHAN- Pantai Solop dan Makam Tuan Guru Syech Abdurrahman Siddiq menjadi dua objek wisata yang paling tersohor di Negeri Seribu Parit, namun demikian, tidak hanya dua destinasi wisata tersebut, Inhil juga memiliki banyak obejk wisata yang patut dicoba.

Ada 10 objek wisata lainnya yang ada di Inhil, seperti event wisata gema Muharram, event wisata sampan leper, event wisata menongkah, air terjun 86, air terjun Tembulon Rusa, wisata adventure Danau Mablu, Festival Sungai Indragiri, Hutan Mangrove Sungai Asam, Hutan Mangrove di Mandah dan pantai lumpur (mut plat) di Concong.

Event wisata gema muharram, dapat dinikmati saat bulan Muharram tiba, dimana, ratusan umat Islam berkumpul untuk berbuka puasa bersama dengan menggunakan bubur asyura. Sebelum berbuka puasa, masyarakat yang hadir terlebih dahulu berdoa, mendengarkan ceramah agama serta bershalawat bersama-sama.

Sementara itu, event wisata sampan lemper, biasanya dilaksanakan saat 17 Agustus tiba, berlokasi di bawah jembatan Sungai Getek, para peserta lomba bersaing untuk mendayung sampan di atas lumpur.

Event Wisata Menongkah, adalah wisata dengan mencari kerang di tengah lumpur, mencari kerang ini dapat dilakukan saat air dalam keadaan surut, biasanya menongkah ini dilakukan oleh para nelayan di Kecamatan Concong dan daerah pesisir lainnya.
Terletak di selatan desa Batu Ampar, 4 km dari Selensen, ibu kota kecamatan Kemuning, dinamakan Air Terjun 86 karena lokasinya terletak di kilometer 86 jalan raya Lintas Timur Sumatera. Air terjun yang memiliki ketinggian 50 meter ini, dapat dicapai melalui perjalanan sejauh 14 kilo meter melewati jalan tanah dengan mengendarai sepeda motor atau jeep.

Air Terjun Tembulun Rusa terletak di sebelah utara Desa Batu Ampar, Kecamatan Kemuning, Kabupaten Inhil. Memiliki ketinggian mencapai 18 meter, dengan kedalaman kolamnya sekitar 1,5 meter dan kemiringan 30 derajat. Di sisi alur air terjun ini terdapat bebatuan yang menyerupai tangga untuk naik ke atas. Menurut masyarakat setempat aliran air terjun ini berasal dari Sungai Ngibul dan bermuara ke hilir, tepatnya di Sungai Reteh.

Wisata adventure Danau Mablu adalah wisata yang terletak di Sungai di Pulau Basu antara Kecamatan Concong dan Kuala Indragiri, sebelum sampai ke Danau ini, di sepanjang jalan bisa dinikmati indahnya pepohonan mangrove yang menjuntai ke air.

Festival Sungai Indragiri, adalah festival yang diadakan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Inhil yang diikuti oleh masyarakat dengan menghiasi pompong dan mengendarainya di Sungai Indragiri.

Hutan mangrove di Sungai Asam terletak di Kecamatan Reteh, ditanam oleh masyarakat di sana, sensasi sejuk dan keindahan hutan mangrove sangat kental terasa.

'Dari semuanya itu sangat berpotensi sekali untuk mendatangkan wisatawan mancanegara. Alhmdulillah apa bila dibandingkan dengan tahun-tahun sebelumnya jumlah wisatawan yang datang terus mengalami peningkatan,' ujar Kepala Bidang Pariwisata di Dinas Pemuda Olahraga Budaya Pariwisata (Disporabudpar) Inhil, Hariyono Karim.(*/ayu)
   
 
 
 
 

Alamat Redaksi & Iklan :
 
Jl. Garuda No. 76 E Labuhbaru
Pekanbaru, Riau-Indonesia
  Mobile  : 081268650077
Email : yhalawa2014@gmail.com